PT Agro Humbang Ingin Berinvestasi Pabrik Nenas di Sipahutar - Berita Sipahutar

Post Top Ad

PT Agro Humbang Ingin Berinvestasi Pabrik Nenas di Sipahutar

PT Agro Humbang Ingin Berinvestasi Pabrik Nenas di Sipahutar

Share This
Potensi nenas dan kemenyan di Tapanuli Utara (Taput) dilirik investor. PT Agro Humbang akan membangun pabrik pengolahan nenas dan penyulingan kemenyan setelah meninjau hamparan perkebunan nenas di Kecamatan Sipahutar.

"Kita tertarik untuk membangun industri pengolahan nenas karena produksi melimpah," kata Dirut PT Agro Humbang, Gabriel di Kecamatan Sipahutar.

Lanjut Gabriel, berdasarkan analisa data dari Dinas Pertanian Taput bahwa luas tanaman nenas 1.876 Ha. Kecamatan Sipahutar sebagai sentra produksi utama denga luas lahan 1.805 Ha, total produksi 32.635 ton/tahun.

Untuk kemenyan, luas tanaman 16.181 Ha, produksi 13.923 ton/tahun.

"Berdasarkan hasil luas lahan, cukup menjanjikan. Itu berdasarkan perhitungan kebutuhan produksi nanti," ujarnya.

Jefri Samosir, selaku pemilik Agro Humbang mengaku serius rencana berinvestasi di pengolahan nenas dan kemenyan.

“Iya, memang benar, karena peluangnya cukup menjanjikan. Masih harus pelajari dulu dan tidak mau memberi janji macam-macam," tukasnya.

Bupati Taput, Nikson Nababan menyambut baik rencana PT Agro Humbang membangun pabrik penyulingan kemenyan di Kecamatan Pangaribuan.

"Kami dukung rencana tersebut, sehingga kepastian harga kemenyan dapat dinikmati masyarakat. Harga pasar di tingkat petani berada di kisaran Rp 300.000/kg, sedangkan harga di tingkat pengumpul Rp 500.000/kg, disesuaikan dengan kualitas," ujarnya. (sumber)

Tidak ada komentar:

Post Bottom Ad

Pages